Kwarcab Purbalingga Bagikan Masker di Aksi Pramuka Jateng Berbagi Masker Serentak

Kwarcab Purbalingga Bagikan Masker di Aksi Pramuka Jateng Berbagi Masker Serentak

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) melibatkan Kwartir Ranting (Kwarran) di Kabupaten Purbalingga membagikan masker kepada masyarakat di Kabupaten Purbalingga. Masker ini merupakan bantuan dari Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Jawa Tengah yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ketua Kwarcab Purbalingga Subeno melalui Sekretaris Bidang Humas dan Protokol, Ety Tri Setyowati mengungkapkan, aksi serentak “Pramuka Jateng Berbagi Masker” memilih momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020. Aksi ini dilaksanakan serentak oleh Kwarcab dan Kwarran serta seluruh anggota Pramuka di Kwarda Jawa Tengah.

“Aksi ini merupakan arahan Kamabida. Dengan adanya aksi serentak ini diharapkan agar anggota pramuka harus bergerak terdepan, terutama ikut bersama-sama pemerintah mencegah dan mengurangi korban-korban pandemi Covid-19,” ungkapnya saat pembagian masker di wilayah Kwarran Bobotsari, Kamis (1/10)

Ia menjelaskan, untuk aksi ini melibatkan maksimal 30 orang untuk satu tim yang terdiri dari Pramuka Penegak, Pandega dan anggota dewasa Gerakan Pramuka di bawah koordinasi pengurus Pramuka Peduli Kwarcab dan atau Kwarran. Sasaran aksi ini adalah masyarakat umum yang tidak atau belum menggunakan masker sesuai ketentuan. Lokasi pembagian tidak terpusat di satu titik. Namun, tersebar di pusat perbelanjaan, pusat keramaian, tempat ibadah, taman kota, perumahan penduduk dan atau tempat lain yang memungkinkan.

“Di Kwarcab Purbalingga dilaksanakan serentak di 18 Kwarran. Pembagian masker dan sosialisasi kampanye ini mematuhi protokol kesehatan dilakukan secara man to man dan door to door untuk menghindari terciptanya kerumunan,” ungkapnya.

Ketua Kwarran (Ka Kwarran) Bobotsari, Riono mengungkapkan, aksi serentak ini merupakan kontribusi nyata anggota Pramuka untuk mendukung program yang di sedang dilaksanakan oleh pemerintah dimasa pandemi covod-19. Dengan adanya aksi pembagian masker ini, diharapkan seluruh anggota harus melaksanakan anjuran dari pemerintah terlebih dahulu untuk memberikan contoh kepada masyarakat.

“Selanjutnya, anggota Pramuka jangan pernah lelah untuk terus mengedukasi protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 sehingga masyarakat akan menjadi sehat,” ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan Ngakib, Ka Kwarran Rembang aksi serentak ini sangat bermanfaat untuk pencegahan penyebaran covid-19. Dalam kegiatan juga disampaikan edukasi protokol 4 M yakni, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Tadi saat dilaksanakan aksi, dijumpai beberapa masyarakat yang lupa membawa masker saat diluar rumah. Lupa katanya. Sudah kami beri masker dan juga edukasi pencegahan penyebaran covid-19,” ungkapnya.

Untuk diketahui, aksi serentak ini merupakan arahan Kamabida yang disampaikan saat puncak HUT Pramuka ke-59 pada (25/8) yang lalu. Kamabida membantu sebanyak satu roll kain katun 24s, kain blacu sebanyak 40 meter dan tali elastis tiga roll. Kain tersebut untuk dapat dibuat masker sebanyak 1.500 buah masker dengan standar World Health Organisation (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia. Dan dibagikan secara serentak pada tanggal 1 Oktober 2020 yang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila.

 

 

Bagikan Kepada Teman Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *