Pengelolaan Buper Munjuluhur Diserahkan Kepada Kwarcab Purbalingga Oleh Bupati

Pengelolaan Buper Munjuluhur Diserahkan Kepada Kwarcab Purbalingga Oleh Bupati

Bumi Perkemahan (Buper) Munjuluhur di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, resmi dikelola Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga.

Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Dyah Hayuning Pratiwi, menuturkan pengajuan pengelolaan Bumi Perkemahan (Buper) Munjuluhur oleh Kwarcab Purbalingga sudah dilakukan sejak 2018. Namun, setelah dibahas serta dikaji oleh tim anggaran dan Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) dinyatakan tidak ada masalah apabila aset Buper Munjuluhur diserahkan kepada Kwarcab. Mulai tahun 2020 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menyerahkan pengelolaan Buper Munjuluhur kepada Kwarcab Purbalingga.

Saya titip agar aset ini dikelola dengan baik sehingga bisa membawa kemaslahatan seluas-luasnya kepada gerakan pramuka Kwarcab Purbalingga,” ujar Bupati Tiwi saat membuka Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub) dan Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga di Sanggar Bhakti Pramuka, Sabtu (18/1/2020).

Menurut Tiwi, penyerahan pengelolaan Buper sebagai bentuk perhatian dan komitmen pemkab dalam memfasilitasi gerakan pramuka di Purbalingga. Selain itu untuk melatih kemandirian Kwarcab Purbalingga.

Ketua Kwartir Cabang (KaKwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga Subeno menuturkan keputusan Bupati tersebut menjadi bersejarah. Keputusan tersebut akan dapat membawa kebaikan untuk gerakan pramuka di Purbalingga.

“Kedepan, Buper akan kami kelola dengan pendekatan entrepreneur. Kita berencana akan menjadikan Buper sebagai salah satu badan usaha milik kwarcab atau BUMK,” jelasnya.

Sebelumnya, Buper Munjuluhur menjadi salah satu destinasi wisata yang dikelola oleh Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar). Acara Muscablub dan Muskercab gerakan pramuka Kwarcab Purbalingga juga dihadiri Wakil Sekretaris Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah Istajib

Bagikan Kepada Teman Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *