Rindu kelembutan
Demikian juga Adik-adik peserta didik pasti rindu akan kelembutan guru yang dengan tekun membimbingnya. Bagaimana guru harus menyampaikan argumen ketika siswa menolak mengikuti mata pelajaran pengganti Olah Raga ketika guru olah raga berhalangan.
Suka atau tidak suka guru di masa covid-19, guru harus mengubah cara bekerja dan siswa cara belajar. Hal ini dikenal dengan habit learning. Di era digital, maka guru maupun siswa harus bisa beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.
Demikian juga orang tua siswa harus melibatkan diri dalam pemanfaatan teknologi, baik menyediakan piranti kerasnya maupun pendampingan anak agar proses belajar mengajar maupun mendidiknya berlagsung efektif.
Sesuai dengan semangat merdeka belajar yang sedang didengungkan oleh Kemendikbud, siswa diberi kebebasan untuk mengakses ilmu. Guru tidak lagi menjadi sumber utama dalam mencapai kompetensi tertentu. Oleh karena ini, Guru harus kreatif dan siswa benar-benar dilatih untuk mandiri.
Momentum peringatan kemerdekaan ke-76 semoga menjadi spirit bagi insan pendidikan pada berbagai level untuk menumbuhkan kembali semangat belajar dan mengajar bagi guru dan siswa.
Semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama menuju Indonesia yang lebih baik. Mentalitas siswa dan guru harus segera dibangkitkan kembali agar tidak selalu dalam bayang-bayang covid-19 yang sudah meluluhlantakkan sendi-sendi kehidupan.
Kita harus melihat sisi positif dari setiap yang terjadi di sekitar kita.
Dirgahayu Pramuka, Dirgahayu Indonesia, Salam Pramuka
(Kak Sasno | Sekretaris Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Purbalingga)
