Bidang Humas Kwarcab Purbalingga Bekali Kemampuan Jurnalistik Untuk Kontingen Jamnas

Kwartir Cabang Purbalingga terus mendorong meningkatnya jumlah anggota Pramuka yang memiliki kecintaan terhadap bidang kehumasan dan kejurnalistikan.

Salah satu upaya yang dilakukan ialah melalui pembekalan materi untuk kontingen Jambore Nasional ke XI Kwarcab Purbalingga.

Ke 16 anggota kontingen ini mendapatkan materi tentang teknik penulisan berita, teknik reportase dan pengelolaan media sosial.

Materi diberikan oleh bidang Humas dan Protokol Kwarcab Purbalingga pada saat kegiatan Training Center hari Sabtu, 23 Juli 2022 di Sanggar Bakti Pramuka Purbalingga.

Baca juga :  Pramuka Peduli Kwarcab Purbalingga Lolos Menjadi Finalis Pramuli Award 2022

Materi-materi ini disampaikan oleh Andalan Cabang Urusan Humas, Kak Ginanjar Noviono. Ia mengajak para peserta untuk lebih memahami tentang bagaimana menulis berita yang baik dan disukai oleh pembacanya.

“Mereka kami ajak untuk lebih banyak do atau melakukan, karena untuk menjadi seorang pewarta pramuka yang baik tentunya juga harus lebih banyak praktek membuat berita. Sehingga di kesempatan ini, mereka kami berikan tugas untuk meliput kegiatan training center ini dan menulisnya menjadi sebuah berita. Selain itu mereka saya minta untuk membuat reportase dari berita yang mereka buat. Dan di posting dimasing-masing media sosial yang mereka miliki.” Ungkap Kak Ginanjar.

Baca juga : Prajasoeka Lantik Penegak Bantara dan Penegak Laksana

Awalnya mereka terlihat cukup kesulitan untuk menulis berita dan membuat reportase training center.

Akan tetapi dengan pendampingan yang dilakukan oleh kak Ginanjar dan tim Humas Protokol Kwarcab Purbalingga menjadikan mereka bisa menyelesaikan tugas.

Kak Anjar, demikian sapaan akrab Kak Ginanjar Noviono menjelaskan bahwa rangkaian pembekalan ini juga bertujuan untuk mendukung program dari Kwartir Nasional yaitu pelibatan peserta Jambore Nasional XI untuk menjadi koresponden pada kegiatan lima tahunan ini.

“Jadi Kwartir Nasional memprogramkan bahwa ada dua peserta dari masing-masing Kwartir Daerah yang akan bergabung bergabung dengan tim Humas Jamnas XI menjadi koresponden. Sedangkan yang lainnya didorong untuk tetap menjadi koresponden bagi masing-masing Kwarcab” Tambah Kak Anjar.

Sementar itu, pembina pendamping putri, Kak Heni Prihaswawi mengungkapkan bahwa pembekalan ini dilaksanakan untuk memberikan dasar tentang bagaimana teknik yang baik dan benar dalam pembuatan konten berupa tulisan serta konten reportase.

Baca juga : Makna Logo Dan Tema Hari Pramuka Ke 61 Tahun 2022

“Harapannya, adik-adik kontingen Jamnas ke XI Kwarcab Purbalingga, memiliki kemampuan serta passion di dunia journalist. Sehingga nantinya bisa menjadi koresponden kegiatan jamnas untuk memberitakan dan mempublikasikan semua rangkaian Jambore Nasional melalui media sosial masing-masing maupun media sosial Kwartir Cabang.” Katanya.

Dari pembekalan ini juga diharapkan muncul pewarta-pewarta Pramuka yang bukan hanya mampu mempublikasikan Jambore Nasional, akan tetapi mereka cakap dan mampu mewartakan kegaitan Kepramukaan lainnya di masing-masing daerah dengan kemasan yang lebih menarik dan inovatif.

Setelah mengikuti pembekalan pada hari Sabtu, berikutnya anggota regu rajawali dan matahari ini langsung mempraktekan untuk membuat reportase kegiatan latihan gabungan atraksi gelar keterampilan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Juli 2022 di GOR Goentoer Darjono.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.