DKC Purbalingga Sukses Gelar Dianpinsat 2022

Kegiatan Gladian Pimpinan Satuan ( Dianpinsat) Cabang Tahun 2022 selesai dilaksanakan. Kegiatan yang mengangkat tema “Tunjukan Aksimu Bersama Pramuka” ini terselenggara selama tiga hari di Pusat Kegiatan Kepramukaan (Puskepram) Munjulluhur, dimulai tanggal 24 Juni dan di tutup pada tanggal 26 Juni 2022. Dianpinsat kali ini diikuti oleh 35 Pramuka Penegak dari SMA, SMK, MA Se kabupaten Purbalingga.

Kepala Pusdiklatcab Bakti Perwira Kwarcab Purbalingga, Kak Yusup, S.Ag mengungkapkan bahwa selama kegiatan para peserta diampu dan didampingi oleh para pelatih pembina Pramuka dari Pusdiklatcab dan mereka mendapatkan materi tentang orientasi kursus, dinamika kelompok, fundamental Kepramukaan, wawasan kebangsaan, upacara pindah golongan, sistem administrasi satuan, penyusunan program.

“Dengan menggunakan system segmental, para peserta juga mendapatkan materi tentang sejarah WOSM dan sejarah Pramuka, gugus depan, peran pemimpin sangga dan ambalan, rencana pelaksanaan dan pelaporan di ambalan, pola dan mekanisme pembinaan Pramuka Penegak Pandega, Manajemen resiko, simulasi api unggun, simulasi upacara pembukaan dan penutupan latihan.” Tambah Kak Yusup.

Masih dari kak Yusup, ia menembahkan bahwa selain itu para peserta juga mendapatkan materi berupa praktek pencapaian Syarat Kecakapan Umum, Syarat Kecakapan Khusus, Syarat Pencapaian Garuda, materi tentang upacara naik tingkatan dan pemberian Tanda Kecakapan Khusus, praktek penjelajahan, serta pre test dan post test.

Sementara itu, Pimpinan Kursus (Pinsus) Dianpinsat 2022, Kak Hartoyo menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pelatihan – pelatihan bagi pramuka penegak agar mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuanya di bidang pengelolaan ambalan dan pengelolaan kepemimpinan.

“Harapanya setelah peserta mengikuti kegiatan Gladian Pimpinan Satuan ini pulang ke masing masing pangkalanya bisa mengaplikasikan dan menularkan ilmunya ke teman teman yang ada pangkalan masing-masing. Agar apa yang menjadi tujuan, visi misi pangkalan bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan Undang-undang Gerakan Pramuka, sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka serta sesuai ketentuan  yang berlaku.” Tutup kak Hartoyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.