Kwarcab Purbalingga Kirim Anggota Ubaloka Ikuti Pelatihan Water Rescue

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) kantor pencarian dan pertolongan Cilacap baru-baru ini melaksanakan pelatihan Teknis Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue), tepatnya pada hari Selasa, 19 Juli 2022 hingga Selasa, 25 Juli 2022. Ada empat lokasi yang dijadikan sebagai tempat kegiatan, yaitu Unit Siaga Banyumas Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, kolam renang Randu Bengkong, Sungai Serayu, Embung Songgom Kalibagor.  Setidaknya ada 50 instansi, organisasi dan juga relawan yang mengikuti kegiatan ini. Termasuk Kwarcab Purbalingga yang mengirimkan satu anggota Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) atas nama Adnan Mikolas.

“Selama mengikuti kegiatan, peserta mendapatkan berbagai macam materi. Diantaranya tentang substansi basarnas, Medical First Responder (MFR), Penilaian dan pemindahan korban, Resusitasi Jantung Paru (RJP), Pendarahan Shock dan Cedera, Bina fisik/ run swim run, Cedera alat gerak kepala leher dan dada, Kedaruratan lingkungan, pertolongan dan pedoman keselamatan di air, Personal Floating Device ( PFD ), defend and release.” Ungkap Kak Adnan

Selain itu, terusnya, mulai hari keempat peserta juga melaksanakan praktikal dan uji materi yang telah didapatkan, yaitu  praktikal station MFR, Ujian Teori MFR, Praktikal station kolam, ujian praktek kolam, praktikal station sungai, tes tulis materi, serta simulasi dan praktek.

Kak Adnan yang juga anggota DKC Purbalingga ini menambahkan bahwa, dengan mengikuti kegiatan ini ia sangat merasakan manfaat bertambahnya pengetahuan tentang pertolongan di air. Serta bagaimana sikap dan attitude seorang rescuer saat melaksanakan tugas di lokasi kejadian bencana / kecelakaan air.

“Pelatihan ini memberikan bekal yang luar biasa bagi para peserta. Kami didorong untuk memiliki skill dan kemampuan dalam melakukan pertolongan di air. Dengan adanya praktek langsung di lapangan, menjadi kami lebih bisa memahami bagaiamna seharusnya tindakan saat ada kejadian atau kecelakaan di air.” Imbuh Kak Adnan.

Dengan tambahan pengetahuan ini, kak Adnan berharap kedepannya bisa menularkan apa yang ia dapat kepada anggota Ubaloka dan juga Pramuka Peduli di Kwarcab Purbalingga agar semakin banyak yang bisa memahami tentang Teknik pertolongan air (water rescue).

Setelah mengikuti semua rangkaian kegiatan, Kak Adnan Mikolas dan peserta lainnya dinyatakan lulus pelatihan water rescue.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.