Putus Rantai Penyebaran PMK, Pramuli Kwarcab Purbalingga Ikut Penyemprotan Eco Enzim Untuk Hewan Ternak

Pemberantasan dan pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak terus dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat, seperti yang dilakukan oleh jajaran Koramil 03 / Kalimanah bersama muspika kecamatan Kalimanah. Rabu, 2 Juli 2022 bertempat di wilayah kecamatan Kalimanah.

Ada lima titik yang menjadi sasaran kegiatan ini, yaitu Kandang Sapi milik Kelompok Tani Ngudi Makmur,alamat Rt 14/06 Desa Sidakangen Kec.Kalimanah /Kab Purbalingga,dengan jumlah sapi 6 ekor. Kandang Sapi milik Poktan Sida Mukti 1 alamat Rt 02/05 Desa Kalimanah wetan Kec.Kalimanah,dengan jumlah sapi 4 ekor dan 7 ekor kambing. Kandang Sapi milik Poktan Lembu Asri alamat Rt 02/02 Desa Kalimaanh kulon, dengan jumlah sapi 7 ekor. Kandang Sapi komunal milik Bpk Dahlan alamat Rt 04/02 Kel Karangmanyar Kec Kalimanah,dengan jumlah sapi 1 ekor. Kandang Sapi milik H.Jaslan alamat Rt 03/02 Kel.Karangmanyar Kec Kalimanah,dengan jumlah sapi 2 ekor.

Komandan Koramil 03 / Kalimanah mengungkapkan bahwa selain melibatkan muspika kecamatan Kalimanah, kegiatan ini juga diikuti oleh unsur lain meliputi Camat Kalimanah, TNI, Polri, BPP Kecamatan Kalimanah beserta para PPL, Pramuka Peduli Kwarcab Purbalingga, PMI Kab Purbalingga, Kades beserta perangkat desa Sidakangen, Perangkat desa Kalimanah wetan dan Kalimanah kulon, Perangkat kelurahan Karangmanyar, klenteng hok tek bio, dan tim dari Puskesmas Kalimanah.

“Untuk kegiatan pemberantasan dan pencegahan PMK ini berupa penyemprotan Eco enzim, yang mana eco enzim ini merupakan prodak buatan asli putra Purbalingga yang dapat membantu agar virus PMK tidak makin berkembang biak” Katanya.

Sementara itu, salah satu perwakilan dari Pramuka Peduli Kwarcab Purbalingga, Kak Andi Fitrianto menyampaikan bahwa partisipasi ini sebagai wujud kepedulian anggota Pramuka untuk memutus rantai penyebaran PMK pada hewan ternak.

“Ini adalah wujud komitmen dari Pramuka Peduli Kwarcab Purbalingga untuk bersama sama masyarakat menciptakan kepedulian terhadap sesame mahluk hidup.” Ungkap Kak Andi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.