Kwarcab Purbalingga Adakan Diklat

Purbalingga – Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Scout Journalist bagi Pramuka Penegak Pandega. Diklat Jurnalistik tersebut digelar selama tiga hari dua malam  yang bertempat di Sanggar Bhakti Pramuka dan beberapa tempat di sekitar sanggar. “Selama diklat peserta dibekali pengetahuan seputar kejurnalistikan oleh beberapa narasumber,” kata Ketua Panitia Diklat Scout Journalist, Cahya Giwangkara Yulianto di Sanggar Bhakti Pramuka Purbalingga. Peserta diklat scout journalist terdiri dari utusan Gugusan Depan (Gudep), Satuan Karya (Saka) dan Kwartir Ranting (Kwarran). Materi yang disampaikan pada diklat scout journalist yakni mengenai teknik penulisan berita fotografer professional, broadcasting, videografi dan desain grafis.

Selain Itu Peserta Dibekali Ilmu Kehumasan

“Selain itu, peserta juga dibekali ilmu tentang kehumasan,scout journalist dan keterampilan lain di bidang journalist,” imbuh Cahya. Menurutnya, peserta tidak hanya mendapatkan teori saja tetapi juga mempraktekan secara langsung materi yang sudah didapat. Untuk materi fotografi, lanjutnya peserta diarahkan ke Pasar Hartono yang berlokasi di sekitar sanggar. “Sedangkan untuk pembuatan video reportase,peserta diarahkan ke kompleks Stadion Goentoer Darjono,” ujarnya. Cahya menjelaskan di era teknologi saat ini anggota Pramuka dapat menjadi kantor berita yang melaksanakan tugas Pramuka di media sosial. Salah satu pointnya yakni menjadi produsen konten berita positif yang membangun dan mampu menangkal berita hoax yang dapat memecah belah bangsa. “Setelah diklat selesai, peserta nantinya akan menjadi anggota dari Scout Journalist dan sekaligus menjadi Tim Cyber Kwarcab Purbalingga,” pungkas Cahya.

Terima kasih untuk setia mengunjungi website kami disini, namun kami masih membutuhkan dukungan anda untuk mengembangkan website kwarcab ini. Mohon untuk memberikan saran atau kritik yang positif kepada kami pada kolom komentar yang sudah disediakan. Bagi anda yang menyukai dengan postingan kami atau informasi dari kwarcab purbalingga ini silahkan bagikan di media sosial anda. Baik difacebook, googleplus, instagram, linkedin, path dan media-media sosial lainnya. Semoga bermanfaat dan dapat dinikmati oleh para pengunjung website kami untuk menambah wawasan tentang dunia pramuka ya.. Salam Pramuka.

Bagikan Kepada Teman Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *