Begini Cara Mengakses Program Literasi Digital Nasional

 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah meluncurkan program Literasi Digital Nasional dengan tema “Indonesia Makin Cakap Digital” .

Tujuan penyelenggaraan program tersebut yakni guna membekali warganet dalam berinteraksi di ruang digital baik dari segi etika, kemampuan, keamanan dan budaya digital.

Program Literasi Digital dilakukan secara paralel dengan pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang saat ini sedang dipercepat dan digencarkan Kominfo. Peserta program yang tersebar di kabupaten dan kota melanjutkan kegiatan ke kelas-kelas literasi digital di kota satelit masing-masing yang menghadirkan narasumber lokal sebagai pemateri.

Tak hanya itu, ada beberapa kecakapan digital yang nantinya akan dipelajari oleh para peserta. Melalui kelas-kelas yang telah disiapkan. Masyarakat dapat mengembangkan literasi dan kecakapan digital di tingkat dasar, seperti di antaranya fotografi dan videografi, media sosial, public speaking, Tangkas Digital dan Tular Nalar bersama Google, copywriting, digital marketing, privasi digital dan keamanan siber, serta materi lainnya

Bagaimana cara mengakses kelas-kelas literasi digital? Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam program ini, dapat mengakses informasi terkait kelas-kelas literasi digital melalui akun Instragram @Siberkreasi dan melalui tautan https://event.literasidigital.id/.

Adapun materi kelas literasi digital juga didasarkan pada 4 pilar utama yakni:

  1. Etis Bermedia Digital
  2. Aman Bermedia Digital
  3. Cakap Bermedia Digital
  4. Budaya Bermedia Digital

Dengan adanya program ini, masyarakat dapat memanfaatkan sisi positif internet untuk aktivitas sehari-hari seperti: Belajar virtual, Bisnis dan belanja online, Bekerja dari rumah, Konsultasi kesehatan secara daring. Selain itu, dengan literasi digital, masyarakat diharapkan dapat meminimalisasi dampak dari konten negatif di internet seperti hoaks, kekerasan seksual, perundungan online, penipuan, dan konten negatif lainnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *