78 views

DKC Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwarcab Purbalingga Sukses Gelar SIDPARCAB 2020

Reading Time: 2 minutes

Intergritas memerlukan sebuah komitmen dan tekad dari dalam diri yang diimplementasikan dalam suatu sikap yang teguh dan kokoh. Sikap mulia mampu menjadi benteng. Setelah berpikir dengan baik dan benar, maka selanjutnya harus ditunjukkan dengan berkata dan berperilaku yang baik dan benar juga.

“Buah dari hasil berpikir yang baik dan benar akan dilanjutkan dengan berkata dan berperilaku yang baik dan benar pula. Siapa kita dan apa yang akan kita perbuat,” pesan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga, Kak Subeno saat membuka Sidang Paripurna Cabang (SIDPARCAB). Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tahun 2020, di Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang Purbalingga, Rabu (30 Desember 2020)

Namun lanjut Kak Subeno, tentunya sikap ini ditunjang dengan keyakinan bahwa akan selalu mematuhi komponen yang digariskan dalam integritas itu. Hal ini mencerminkan tindakan  terpuji yang memberikan ketenangan dan kejernihan jiwa dan merupakan ciri bahwa kita adalah orang yang baik dan berakhlak mulia.

“Orang yang memiliki integritas tidak akan melakukan tindakan tercela, karena dia tahu bahwa itu akan melanggar perilaku utama integritas,” ungkapnya.

Perwakilan dari Dewan Kerja Daerah (DKD) Jawa Tengah, Kak Triyanto berpesan, agar-agar tetap semangat melaksanakan kegiatan, walaupun dalam keadaan seperti ini terbatas karena pandemic Covid-19.

“Tetap mengasah kreatifitas dengan apa yang kita miliki. Kita sebagai pramuka dengan adanya pandemi tidak menutup kreatifitas. Justru dengan adanya tantangan yang baru ini dapat menciptakan inovasi yang baru untuk menciptakan kegiatan yang baru,” ungkapnya.

Ketua DKC Purbalingga, Kak Lili Setiani menuturkan, Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega merupakan badan yang kolegial dan beranggotakan Pramuka Penegak dan Pandega putra dan putri yang harus mempertanggungjawabkan segala kebijakannya kepada Kwarcab..

“Sebagai badan kelengkapan dari Kwarcab. Secara otomatis  harus mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua  Kwarcab. SIDPARCAB  ini merupakan kegiatan laporan pertanggungjawaban kegiatan tahun 2020 serta pemaparan rencana kerja tahun 2021,” ungkap Kak Lili di Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang Purbalingga, Rabu (30 Desember 2020)

Ketua Sangga Kerja SIDPARCAB, Kak Fatimah Dwi Febriana menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ini sekaligus sebagai arah dan pedoman DKC Purbalingga tahun 2021. Sasarannya adalah seluruh anggota Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Kabupaten Purbalingga.

“Dalam kegiatan ini juga sebagai tempat penyampaian program kerja DKC tahun 2021 kepada Pramuka Penegak dan Pandega Purbalingga,” ungkapnya.

Sidang dipimpin oleh Kak Siam Adi Prianto yang berisi paparan pencapaian dan pelaksanaan DKC dan laporan dan paparan kegiatan dari DKR.Sedangkan untuk Sidang Komisi A dan B berisi laporan dan pembahasan program kerja 2020 dan dilanjutkan bedah pokok program kerja 2021. Sidang terakhir adalah Sidang Pleno yang berisi tentang laporan hasil sidang komisi, tanggapan hasil Sidang Paripurna dan pengesahan hasil Sidang Paripurna.

Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan 13 Dewan Kerja ranting (DKR) dan para Wakil Ketua, Sekretaris Bidang berserta Andalan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PT PERTAMINA RU IV Cilacap dan Yayasan Arsakusuma Serahkan Bantuan Bencana Alam di Posko Pramuli Desa Sidanegera

Reading Time: 2 minutes PT PERTAMINA (Persero) Refinery Unit IV Cilacap menggandeng Yayasan Arsakusuma menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk masyarakat terdampak bencana […]

GERAKAN PRAMUKA KWARTIR CABANG KABUPATEN PURBALINGGA

Jalan Kopral Tanwir Nomer 61, Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kode Pos 53311