Kwarran Diminta Maksimalkan Pengelolaan Website

Perkiraan Waktu Membaca < 1 Menit

Pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) di Kwatir Cabang (Kwarcab) Purbalingga diminta untuk memaksimalkan mengunggah berita-berita kegiatan di website milik Kwarran. Pasalnya, hal ini untuk membuktikan bahwa Gerakan Pramuka telah memberikan kontribusi yang nyata dalam dunia pendidikan di Indonesia.

“Sampai saat ini semangat tidak pernah pudar. Pramuka selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik untuk bangsa ini,” ungkap Sekretaris Bidang Humas dan Protokol Kwarcab Purbalingga, Kak Eti Tri Setyowati, di Sanggar Bakti Pramuka, Jumat (16 April 2021)

Ia menyakini, Gerakan pramuka harus berperan sebagai komponen dan suplemen untuk membentuk karakter yang handal dan berkarakter sehingga mampu menjadi pemimpin yang baik.

“Gerakan pramuka harus mampu mencegahnya dengan mendidik kaum muda agar berkepribadian, jiwa patriotik dan miliki jiwa bela Negara,” ungkapnya.

Sebenarnya lanjut Kak Eti, untuk dapat menulis artikel berita perlu motivasi diri, dan keyakinan bisa menulis. Untuk menulis rumusnya adalah Who, what, where, when, why dan how.

“5W +1H sering kita dengar ya. Intinya, tulisan yang memberi semangat dan inspirasi kepada yang membacanya,” ungkapnya

Andalan Cabang Urusan Humas, Kak Mahendra Yudhi Krisnha menambahkan, disetiap Kwarran sudah mempunyai SDM admin pengelola Website. Ditekankan, semua anggota Pramuka di Kwarran harus mahir menulis dan membuat berita.

“Berita baik dan positif yang ditulis sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Laman website bisa ajang berlatih sekaligus mengabarkan kegiatan Pramuka,” katanya.

Untuk itu lanjut Kak Yudhi, pengurus Kwarran harus meningkatkan kompetensi. Baik soal wawancara, pengambilan data, kepenulisan hingga penggambilan foto yang baik. Semakin meningkatnya kompetensi, maka akan berdampak pada peningkatan kegiatan

“Ada pelatihannya. Terus menerus, nanti kita belajar bersama. Diberikan pengetahuan singkat seputar dasar-dasar jurnalistik, tehnik praktik wawancara dan mencari serta menulis berita, foto jurnalistik dan aplikasi media sosial dan yang terakhir praktik pengelolaan mengunggah berita di Website,” ungkapnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *