Pramuka Purbalingga Ikut Central Java Scout Festival Virtual

Pramuka Purbalingga Ikut Central Java Scout Festival Virtual

Sebanyak enam pangkalan Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak mengikuti Festival Keterampilan Pramuka Inovatif Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah (Central Java Scout Festival).

Mereka mewakili Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga dalam aneka lomba, diantaranya Hasta karya dan  pioneering tiang bendera ntuk Pramuka Siaga, PBB dan pioneering alat transportasi untuk Pramuka Penggalang, kemudian teknologi tepat guna dan pioneering aplikatif untuk Pramuka Penegak.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda (Waka Binamuda) Kwarcab Purbalingga, Kak Sutarko menyampaikan, Central Java Scout Festival ini diselenggarakan 7 – 10 Oktober 2021 secara daring.

Kegiatan inovatif ini sebagai solusi untuk para anggota Pramuka agar tetap berkegiatan, walaupun kondisi masih pandemic Covid-19. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memupuk persaudaraan  dan persatuan pramuka siaga, penggalang, dan penegak di wilayah Jawa Tengah, selain itu juga sebagai wahana berkarya pramuka Jawa Tengah dan meningkatkan kreatifitas dan inovasi kepramukaan.

“Kegiatan diikuti oleh 1.376 pramuka se-Jawa Tengah. Kwarcab Purbalingga tampil pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021 ini,” katanya disela kegiatan.

Ia memaparkan, kontingen Kwarcab Purbalingga diwakili SD Negeri 1 Tunjungmuli dan MI Ma’arif NU 03 Tunjungmuli untuk golongan Pramuka Siaga dengan membuat hasta karya dan pioneering tiang bendera.

Kemudian, untuk golongan Pramuka Penggalang diwakili SMP Negeri 1 Bobotsari dan MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga, mereka mengikuti lomba PBB dan Pioneering alat transportasi. Sedangkan untuk golongan Pramuka Penegak diwakili SMK Negeri 1 Purbalingga dan SMK Negeri Jawa Tengah di Purbalingga dengan mengikuti lomba teknologi tepat guna dan pioneering aplikatif.

“Kami berharap, adik adik peserta dapat menjadikan Central Java Scout Festival ini sebagai momentum untuk meningkatkan kecakapan di bidang scouting skill dan keterampilan kepramukaan lainnya.” ungkap Kak Tarko.

“Ini adalah Kak Gunawan, salah satu peserta dari golongan penegak mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan dan penuh tantangan, walaupun dilaksanakan secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *