Serentak. Pengurus Kwarcab dan Kwarran Purbalingga Ziarah Tabur Bunga di Makam Tokoh Pramuka

Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga menyelanggarakan ziarah dan tabur bunga di makam tokoh Pramuka.

Kegiatan yang menjadi rangkaian memperingati 60 Tahun Pramuka Indonesia ini melibatkan pengurus Kwartir Ranting (Kwarran).

Baca Juga: 4 Orang Dilantik Jadi Pramuka Garuda di Malam Renungan Ulang Janji

“Ini merupakan satu penghargaan dari Gerakan Pramuka untuk sumbangsih para tokoh Pramuka yang telah mendahului kita. Beliau telah berkontribusi untuk kemajuan Pramuka di Purbalingga,” kata Ketua Kwarcab Purbalingga, Kak Subeno usai tabur bunga di Makam Kak Riyadi, Desa Bakulan Kecamatan Kemangkon, Sabtu (14 Agustus 2021)

Baca Juga: Seluruh Anggota Pramuka Wajib Aktif di Bulan Bakti Pramuka. Ini Jadwalnya

Kak Subeno menambahkan, di Hari Pramuka ke 60, tahun 2021 ini, Kwarcab Purbalingga juga menganugerahkan Tanda Kehormatan Khusus untuk sebelas tokoh Pramuka yang telah meninggal dunia.

Baca Juga: Kak Berthold DH Sinaulan: 1 Agustus Memperingati World Scout Day Bukan World Scout Scarf Day

Anugerah ini lanjutnya, diberikan kepada para tokoh Pramuka atas dedikasi dan jasa-jasanya yang telah memajukan Gerakan Pramuka di Kwarcab Purbalingga.

Baca Juga: Ketua Mabicab Purbalingga Kak Dyah Hayuning Pratiwi Siap Jadi Pembina Upacara Hari Pramuka 2021

“Kepada penerima penghargaan ini, Kwarcab Purbalingga memasang tanda pengenal bendera Pramuka di area makam,” katanya

Andalan Cabang Urusan Humas Kwarcab, Mahendra Yudhi Krisnha mengatakan, penetapan Penghargaan Tanda Kehormatan Khusus tertuang dalam Surat Keputusan Ketua Kwarcab Nomor 11 tahun 2021 tanggal 12 Agustus 2021. Kesebelas tokoh itu, Almarhum Kak Soetarto Rachmat (Mabicab), Kak Siswadi (Ka Kwarran Karangmoncol), Kak Riyadi (Ancu Rohani Kwarcab).

Selanjutnya, Kak Arif Nugroho (Ancu Humpro Kwarcab), Kak Sri Wahyuni (Ancu Kwarcab), Kak Marjuki (Ancu Kwarcab) Kak Leli Purwanto (Ancu Kwarcab), Kak Tuwarno (Anru Kaligondang), Kak Mugi Rahardjo (Pelatih Pembina), Kak Iskhak Zein (Pelatih Pembina), dan Kak Supardi (Pelatih Kwarcab)

“Para tokoh ini telah berjuang membina generasi muda. Tentunya tanpa pamrih dan penuh keikhlasan dengan harapan generasi muda tangguh dan terampil, bertakwa, berkepribadian luhur dan berjiwa patriot sejati,” katanya

 

Ketua Kwarran Kemangkon, Kak Supardi mengapresiasi pemberian anugerah ini. Para tokoh ini telah berjuang membina generasi muda tanpa pamrih dan penuh keikhlasan dengan harapan generasi muda tangguh dan terampil, bertakwa, berkepribadian luhur dan berjiwa patriot sejati.

“Mari kita teladani semangat dan perjuangan para tokoh Pramuka. Seperti jasa Almarhum Kak Soetarto ini. Semasa hidupnya, pengabdiannya dicurahkan untuk kemajuan Gerakan Pramuka,” katanya

Hal senada diungkapkan Kak Suryono, perwakilan keluarga Almarhum Kak Soetarto.

“Atas nama keluarga besar Kak Soetarto, kami menyampaikan terima kasih atas anugerah ini. Semoga Pramuka Indonesia menjadi jembatan kesuksesan dengan terus memberikan pendidikan karakter kepada generasi muda,” tutur Kak Suryono.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *