Ubaloka Kwarcab Purbalingga Perdalam Kemampuan Medical First Responder

Anggota Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kwartir Cabang  (Kwarcab) Gerakan Pramuka Purbalingga melaksanakan pendalaman materi.

Mereka mendapat materi Navigasi darat, Vertical rescue, Medical First Responder (MFR), Explore-SAR, bivak, dapur umum dan Pembentukan karakter bagi anggota Ubaloka.

“Selain materi berupa teori, dilakukan praktek lapangan pada saat kegiatan, sehingga diharapkan peserta semakin memahami tentang tugas tim penolong saat terjadi kecelakaan atau bencana alam,” kata Komandan Ubaloka Kak Nur Khabib Malik Fajar, di Sanggar Bhakti Kwarcab Gerakan Pramuka Purbalingga

Ia menjelaskan, pendalaman materi ini bertujuan sebagai upaya untuk tetap menjaga semangat dan motivasi, meningkatkan skill kemampuan anggota ubaloka.

“Sehingga peserta khususnya anggota Ubaloka diharapkan mampu memahami tugas-tugas yang diemban saat memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Kak Khabib, panggilannya, mengatakan walaupun ditengah situasi pandemi covid-19, Ubaloka  tetap diharapkan memiliki kemampuan yang mumpuni, sehingga ketika sewaktu-waktu ada kejadian yang membutuhkan peran Ubaloka

“Kami tetap siap untuk terjun membantu masyarakat,” ungkapnya

Selama kegiatan yang berlangsung, seluruh peserta tetap mengenakan masker, menjaga jarak, dan sebelum pertemuan seluruh tim yang terlibat sudah di cek suhu dan dipastikan dalam kondisi yang sehat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.