43 Tim Perkuat Tim Pandu Citraloka Kwarcab Purbalingga

Untuk kedua kalinya Kwartir Daerah Jawa Tengah menggelar kegiatan Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka. Kali ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga September 2022 secara hybrid (daring dan luring). Untuk tahun kedua ini (tahun 2022) Kwarcab Purbalingga pun kembali berpartisipasi mengikuti kegiatan ini. Ada 43 tim yang menjadi perwakilan dari Kwarcab Purbalingga. Terbagi kedalam 7 jenis perlombaan, yaitu Kuis Pandu Citraloka sebanyak 16 tim, lomba film pendek 6 tim, lomba Iklan Layanan Masyarakat 8 Tim, lomba video pembelajaran 1 tim, lomba Podcast Pramuka 8 tim, lomba pengelolaan Website dan media social Kwarcab 1 tim, Duta Humas 3 tim.

Wakil ketua bidang Humas dan Protokol Kwarcab Purbalingga, Kak Eti Jiah Palupi Twihantarti mengungkapkan bahwa dari ke 43 tim perwakilan Kwarcab Purbalingga ini terdiri dari beberapa pangkalan yaitu Kuis Pandu Citraloka golongan siaga terdiri dari SD Negeri 1 Purbalingga Lor, SD Negeri 2 Purbalingga Lor, SD Negeri 1 Bojong kecamatan Mrebet, MI Istiqomah Sambas. Sedangkan Kuis Pandu Citraloka golongan Penggalang terdiri dari SMP Negeri 1 Bobotsari, SMP Negeri 1 Kaligondang, MTs Negeri 2 Purbalingga, MTs Minhajut Tholabah dengan masing-masing pangkalan mengirimkan 2 tim.

“Untuk lomba film pendek diiwakili oleh SMA Negeri 1 Karangreja, SMA Negeri 1 Bobotsari, SMK Negeri 1 Bojongsari, SMA Negeri 1 Kutasari, SMA Negeri 1 Bukateja, SMA Negeri 1 Kejobong. Sedangkan Iklan Layanan Masyarakat ini Kwarcab Purbalingga diperkuat oleh SMP Negeri 1 Kertanegara, SMP Negeri 1 Bojongsari, MTs Negeri 1 Purbalingga, SMP Negeri 1 Karangmoncol, SMP Negeri 1 Purbalingga, SMP Negeri 1 Mrebet, SMP Negeri 2 Kaligondang, MTs Ma’arif NU 08 Panican.” Ungkap Kak Jiah.

Masih dari kak Jiah, ia menyampaikan bahwa SMK Negeri 1 Bojongsari menjadi satu-satunya perwakilan untuk katergori Video Pembelajaran. Sedangkan untuk kategori Podcast Pramuka ada 8 pangkalan yang memperkuat tim Kwarcab Purbalingga, yaitu SMP Istiqomah Sambas, SMA Negeri 1 Bobotsari, SMK Negeri 1 Bojongsari, SMA Ma’arif NU Karangmoncol, SMK Negeri 1 Purbalingga, MTs Ma’arif NU 08 Panican, SMK Negeri 1 Kaligondang, SMK YPT 1 Purbalingga

Sementara itu, Sekretaris Bidang Humas dan Protokol, Kak Eti Tri Setyowati menambahkan bahwa untuk lomba pengelolaan Website dan media sosial, Kwarcab Purbalingga mengirimkan 1 tim yang terdiri dari 3 orang terdiri dari unsur andalan cabang, Dewan Kerja Cabang, dan unit kegiatan Dewan Kerja Cabang. Untuk Duta Humas, diwakili oleh 3 tim yaitu Kak Gunawan Nur Pambudi, Kak Nur Khabib Malik Fajar dan Kak Nadirah Dwi Maulidiyah.

“Ada peningkatan yang signifikan untuk partisipasi pada kegiatan ini, yang semula pada tahun 2021 Kwarcab Purbalingga mengirimkan 15 tim, tahun ini ada 43 tim. Ini menunjukan antusias dan semangat dari anggota Pramuka di Kwarcab Purbalingga sangat tinggi menyambut kegiatan Pandu Citraloka Kwarda Jateng tahun 2022 ini.” Katanya.

Kak Eti berharap, dengan meningkatnya partisipasi ini bisa menjadi media bagi Pramuka Purbalingga untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan di bidang informasi dan teknologi sehingga Pramuka Purbalingga semakin melek digital.

“Pada penyelenggaraan Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka tahun 2021, Kwarcab Purbalingga berhasil mendapatkan 7 piala, semoga di tahun ini semakin banyak kejuaraan yang diraih Kwarcab Purbalingga.” Pungkas Kak Eti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.