116 views

Hebat, Pertama Kali di Kwarcab Purbalingga. DKR Purbalingga Gelar Ngoppi Pakai Google Meet

Eti Tri Setyowati

Baca Juga: Musppanitra Sepakat Pilih Kak Andika Jadi Nakoda Baru DKR Bobotsari

Baca Juga: DKC Purbalingga Sukses Gelar Gempita Tahun 2020. Ini Para Juaranya

Pemateri yang lain, Andalan Pengabdian Masyarat Kwartir Ranting (Kwarran) Purbalingga, Kak Yulius Sunarsanto menegaskan bahwa Pramuka harus bijak dalam bermedia social. Anggota Pramuka harus mampu mengidentifikasi mana berita hoax dan mana berita asli.

“Berita hoax kerap membubuhi dengan judul provokatif dan sensasional yang provokatif. Misalnya ada kata-kata: sebarkan! Viralkan!, dan pasti ada nada ancaman juga,” ungkapnya

Oleh karena itu lanjut Kak Yulius, sebaiknya cari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya, apakah sama atau berbeda. Dengan begini, setidaknya bisa memperoleh kesimpulan yang lebih berimbang.

Baca Juga: Bidang Humas dan Protokol Kwarcab Purbalingga Diminta Genjot Sosialisasi Prokes Covid-19 Lewat Medsos

Baca Juga: Humas dan Protokol Kwarcab Purbalingga Targetkan Produksi Seribu Artikel Berita Pramuka di Tahun 2021

“Adik-adik Pramuka juga dapat menggunakan laman data.turnbackhoax.id untuk melihat apakah berita itu hoax atau benar sesuai fakta. Laman yang lain, antiberitahoax.id dan untuk  halaman Facebook bisa gunakan Saya SEHATI (Sehat Cermati Informasi), Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) dan Anti Berita Hoax,” ungkapnya.

Kak Yulius menegaskan, anggota Pramuka jangan mudah terpancing dan ragu-ragu untuk memeriksa kebenaran/keasliannya. Selalu cross check dan baca keseluruhan, sebelum membagikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Besok 21 Januari 2021. Tabloid ‘Simpul Pramuka’ Kwarcab Purbalingga Diluncurkan

Baca Juga: Kwarda Jateng Apresiasi Posko Pramuka Peduli Kwarcab Purbalingga di Desa Sidanegara Baca Juga: PT PERTAMINA RU IV Cilacap dan Yayasan […]

GERAKAN PRAMUKA KWARTIR CABANG KABUPATEN PURBALINGGA

Jalan Kopral Tanwir No. 61, Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kode Pos 53311