Permawaru SMA Ma’arif Karangmoncol, Gerbang Awal Memasuki Dunia Penegak

Pangkalan SMA Ma’arif Karangmoncol melaksanakan kegiatan Permawaru atau Penerimaan Warga Ambalan Baru. Sabtu sampai dengan Minggu, tanggal 23 sampai 24 Juli 2022, bertempat di lingkungan SMA Ma’arif Karangmoncol. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah 213 tamu ambalan yang merupakan siswa baru dan masih menjadi Pramuka Penggalang.

Permawaru atau Penerimaan Warga Ambalan Baru, adalah sebua kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Ambalan Jenderal Soedirman dan Raden Ajeng Kartini Pangkalan SMA Ma’arif Karangmoncol. Kegiatan ini sendiri merupakan proses yang harus dijalani oleh segenap peserta didik baru yang pada awalnya masih sebagai anggota Pramuka Penggalang dan masuk kedalam jenjang Pramuka Penegak. Mulai tahun ini, dengan semakin longgarnya aturan tatap muka untuk proses belajar mengajar, Gerakan Pramuka Pangkalan SMA Ma’arif Karangmoncol melaksanakan kegiatan secara tatap muka, tidak lagi daring seperti tahun yang lalu.

Bertindak selaku Pembina Upacara dalam upacara pembukaan Permawaru tahun ini, Kak Toyibah, S.Kom yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan menyampaikan kepada peserta Permawaru

agar mampu menjadikan ekstrakurikuler Pramuka menjadi kegiatan yang menarik dan menantang, sehingga peserta didik dapat mengikuti kegiatan dengan suka dan rela tanpa paksaan sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam AD/ART Gerakan Pramuka.

Lebih lanjut ia berpesan, agar segenap anggota Pramuka dapat menjadi uswatun hasanah, atau contoh yang baik bagi teman temanya dalam segala bidang, terutama dalam bidang kedisiplinan.

Dihubungi secara terpisah, Pembina Putra Ambalan Jenderal Soedirman, Kak Saeful Millah mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pintu gerbang utama untuk seorang anggota pramuka Penggalang berpindah golongan ke pramuka Penegak.

“ Setiap pangkalan mungkin memiliki nama yang berbeda untuk kegiatan ini. Ada yang menyebutnya PTA, MPP dan lain lain. Namun di pangkalan kami, kami menyebutnya sebagai Permawaru. Yang terpenting, inti kegiatannya sama, yaitu menerima tamu ambalan sebagai warga ambalan yang baru “, pungkasnya sembari tersenyum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.