SMK Negeri 1 Purbalingga Gelar Penerimaan Tamu Ambalan Tahun 2022

Gerakan Pramuka Pangkalan SMK Negeri 1 Purbalingga menyelenggarakan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) tahun 2022 untuk peserta didik baru kelas X. Jumat hingga Sabtu tanggal 15 – 16 Juli 2022 bertempat di SMK Negeri 1 Purbalingga. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) dilaksanakan secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dan diikuti oleh peserta kelas 10 sejumlah 503 siswa.

Pada hari pertama, peserta mengikuti kegiatan unjuk prestasi Pramuka Ambalan Jenderal Achmad Yani dan RA. Kartini, program lingkungan bersih (prolingsih), permainan, materi pengetahuan Kepramukaan yang disampaikan oleh Pusdiklatcab Kwarcab Purbalingga, api unggun, dan renungan malam. Kemudian pada hari ke 2 peserta juga kegiatan kegiatan ASOS. ASOS atau Adventure Scout Of Sankar merupakan kegiatan yang dibuat khusus oleh Pramuka SMK Negeri 1 Purbalingga dimana kegiatan dikemas menjadi penjelajahan yang didalamnya ada beberapa pos yang akan dilalui peserta, diantaranya Pos Keagamaan, Pos Pengetahuan Kepramukaan, Pos Peraturan Baris Berbaris, Pos Patriotisme, Nasionalisme, serta Pos Persaudaraan.

Baca juga : Mengenali Gaya Belajar Siswa Agar Belajar Terasa Menyenangkan

Dalam amanatnya saat membuka kegiatan, kepala sekolah SMK Negeri 1 Purbalingga selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yaitu Kak Maryono, S.Pd, M.Si. menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini ialah untuk mengenalkan Pramuka SMK Negeri 1 Purbalingga kepada peserta didik baru, serta sebagai wahana untuk meningkatkan kecakapan serta keterampilan hidup melalui kegiatan kepramukaan.

“Saya berpesan kepada adik-adik semua, ikutilah kegiatan ini dengan baik. Jaga kesehatan, tetap semangat dan selalu riang gembira. Karena kegitan Kepramukaan akan memberikan banyak manfaat, seperti untuk melatih kedisiplinan, kekompakan, keberanian, jiwa sosial, serta membentuk karakter posifit adik-adik agar siap dalam mengarungi kehidupan di masa yang akan dating.” Katanya

Baca juga : Saka Wirakartika Kodim 0702/Purbalingga Raih Juara 1 Krida Survival

Selama kegiatan, terlihat peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan PTA ini, hal tersebut dapat dilihat dari keaktifan peserta saat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang secara resmi di tutup oleh pembina Pramuka, Kak Suratno pada Minggu, 16 Juli 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.