Pramuka SMA N 1 Bobotsari Sukses Gelar Permawaru Yang Diikuti 360 Pramuka Penggalang

Kegiatan perkemahan menjadi salah satu kegiatan yang sangat digemari oleh anggota Pramuka. Karena melalui kegiatan perkemahan akan banyak sekali manfaat yang didapatkan. Hal ini lah yang menjadi salah satu motivasi Pramuka SMA Negeri 1 Bobotsari untuk melaksanakan Penerimaan Warga Ambalan Baru (Permawaru) bagi Pramuka Penggalang yang menjadi siswa baru di sekolah yang terletak di desa Majapura ini. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu – 15 – 16 Juli 2022 dan diikuti oleh 360 peserta. Kegiatan yang dilaksanakan secara menginap di lingkungan SMA Negeri 1 Bobotsari ini dimaksudkan untuk memberikan orientasi dan pengenalan serta penerimaan warga ambalan baru gugus depan 06.701 – 06.702 yang berpangkalan di SMA Negeri 1 Bobotsari.

Baca juga : Sakinah Feiza Aqilah Dari Kwarcab Purbalingga Terpilih Jadi Koresponden Jamnas XI

“Untuk pertama kalinya setelah kasus Covid 19 melandai, kami melaksanakan Permawaru dengan sistem menginap. Terakhir kami melaksanakan permawaru dengan sistem menginap pada tahun 2019. Setelah itu pada tahun 2020 dan 2021 kami melaksanakan Permawaru secara online. Pastinya kegiatan ini tetap dilaksanakan dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan.” Ungkap salah satu pembina putra, Kak Tusmono.

Ia menambahkan, selama kegiatan para peserta mengikuti beberapa agenda kegiatan yang diantaranya orientasi tentang Pramuka SMA Negeri 1 Bobotsari, pengenalan Dewan Ambalan, pemberian materi kepenegakan, upacara api unggun, bakti Lingkungan, serta upacara penerimaan warga Baru.

Baca juga : Kwarcab Purbalingga Siap Rekrut Anggota Pasperda Baru

“Materi pada kegiatan kali ini disampaikan oleh para pembina Pramuka, yaitu kak Rarantika SP, Kak Tusmono, Kak Dwi Nur Raeni dengan dibantu oleh beberapa pembina lainnya.” Tambah Kak Tusmono.

Sementara itu, pada amanatnya, Ketua Mabigus, Kak Drs. Joko Widodo, M.Pd berharap bahwa kegiatan Permawaru diharapkan tidak hanya sebagai simbol dari pergantian jenjang Pramuka penggalang ke penegak. Namun, kegiatan tersebut memberikan orientasi mengenai kepenegakan dan menjadi wahana mengenal gudep 06.701- 06.702 Ambalan Pangeran Diponegoro RA. Kartini pangkalan SMA Negeri 1 Bobotsari terhadap kelas X sebagai warga ambalan baru.

Baca juga : Masuk Babak Final Lomba Pangkalan Saka Tergiat, SBH Karangreja Terima Kunjungan Tim Juri Dari Kwarda Jateng

“Kegiatan ini pada akhirnya dapat memberikan gambaran kegiatan ekstrakurikuler yang nantinya wajib diikuti dan melahirkan generasi pramuka sesuai cerminan karakter dasa dharma pramuka serta dapat mengimplementasikan penguatan Profil Pelajar Pancasila yang beriringan dengan agenda kurikulum merdeka dan sekolah penggerak di SMA Negeri 1 Bobotsari.” Katanya

Masih dai Kak Joko Widodo, kegiatan ini dilaksanakan dengan rangkaian kegiatan MPLS bagi siswa baru sehingga materi pun menyatu dengan materi MPLS seperti wawasan kebangsaan, Wiyata Mandala, PBB, Pendidikan Karakter, ETika, PHBS dan pengenalan Kurikulum merdeka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.